Kamis, 24 Mei 2012

Kisi-kisi Pancasila

1.        Pancasila mengandung norma-norma apa saja:
a.       Norma moral ( yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat diukur dengan nilai baik atau buruk, sopan tidak sopan, susila tidak susila ).
b.      Norma hukum ( suatu system peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, sehingga pancasila berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum diindonesia)

2.        Menurut notonagoro mengemukakan bahwa nilai-nilai dapat dikelompokan dalam 3(tiga) tingkatan, jelaskan?
a.       Nilai material ( segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia, atau kebutuhan material ragawi manusia).
b.      Nilai vital ( segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan atau aktifitas ).
c.       Nilai kerohanian ( segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia, nilai kerohanian ini dapat dibedakan atas 4 ( empat ) macam:
1.      Nilai kebenaran, yang bersumber pada akal ( ratio, budi, cipta ) manusia
2.      Nilai keindahan atau nilai estetis, yang bersumber pada unsure perasaan ( esthetis, gevoel, rasa ) manusia ).
3.      Nilai kebaikan atau nilai moral, yang bersumber pada kehendak ( will, wollen, karsa )  manusia,
4.      Nilai religious, yang merupakan kerohanian tertinggi dan mutlak. Nilai ini bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia.

3.        Nilai berbeda dengan fakta karena apa, jelaskan?
a.       Nilai bersifat abstrak yang hanya dapat dipahami, dipikirkan, dimengerti dan dihayati oleh manusia.
b.      Nilai berkaitan dengan harapan cita-cita, keinginan dan segala sesuatu pertimbangan internal (batiniah) manusia.
c.       Nilai bersifat kongkrit yang tidak dapat ditangkap dengan indra manusia.
d.      Nilai dapat bersifat subyektif maupun obyektif.
e.       Agar nilai menjadi lebih berguna dalam menuntun sikap dan tingkah laku manusia, maka perlu lebih dikongkritkan lagi serta di formulasikan menjadi lebih obyektif, sehingga memudahkan manusia untuk menjabarkannya dalam tingkah laku secara kongkrit.
f.       Fakta dapat di observasi melalui suatu verifikasi empiris.

4.        Bagaimana perincian pengertian asal mula langsung pancasila menurut notonagoro jelaskan dan bagaimana pula asal mula tidak langsung pancasila bila dirinci?
Pengertian asal mula langsung.
a.       Asal mula bahan ( kausa materialis )
Bangsa Indonesia adalah sebagai asal dari nilai-nilai pancasila, sehingga pancasila itu pada hakikat nya merupakan nilai-nilai yang digali dari bangsa Indonesia yang berupa nilai-nilai adat istiadat, kebudayaan, dan religious yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Dengan demikian asal bahan pancasila adalah dari bangsa Indonesia sendiri yang terdapat dalam kepribadian dan pandangan hidup.
b.      Asal mula bentuk ( kausa formalis )
Hal ini dimaksudkan bagaimana adal mula bentuk atau bagaimana bentuk pancasila itu dirumuskan sebagaimana termuat dalam pembukaan UUD ’45. Maka asal mula bentuk pancasila adalah Ir. Soekarno bersama-sam Drs. Moh Hatta serta anggota BPUPKI lain nya merumuskan dan membahas pancasila terutama dalam hal bentuk, rumusan serta nama pancasila.
c.       Asal mula karya ( kausa effisien )
Kausa efisien atau asal mula karya yaitu asal mula yang menjadi pancasila dari calon dasar Negara yang sah. Adapun asal mula karya adalah PPKI sebagai pembentuk Negara dan atas kuasa pembentuk Negara yang mengesahkan pancasila menjadi dasar Negara yang sah, setelah dilakukan pembahasan baik dalam siding – siding BPUPKI<panitia Sembilan.
d.      Asal mula tujuan ( kausa finalis )
Pancasila dirumuskan dan dibahas dalam siding-sidang para pendiri Negara, tujuan nya adalah untuk dijadikan sebagai dasar Negara. Oleh karena itu asal mula tujuan tersebut adalah para anggota BPUPKI dan panitia Sembilan yang menentukan tujuan dirumuskan pancasila sebelum ditetapkan oleh PPKI sebagai dasar Negara yang sah. Demikian pula oleh para pendiri Negara tersebut juga berfungsi sebagai kausa sambungan karena yang merumuskan dasar filsafat Negara.

0 komentar:

Posting Komentar