Rabu, 06 Agustus 2014

Produk Petani Dikenai PPN 10 %


Produk Petani Dikenai PPN 10 %
JAKARTA, KOMPAS — Mulai 22 Juli, semua produk pertanian segar yang dihasilkan petani dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen. Barang-barang yang dikenai PPN itu meliputi produk segar perkebunan, hortikultura, dan hasil hutan.

Menurut Wakil Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bayu Krisnamurthi, Selasa (5/8), di Jakarta, selama ini petani tidak dikenai PPN 10 persen atas produk yang mereka hasilkan.


Hal itu sesuai Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2007 tentang Impor dan atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu yang Bersifat Strategis yang Dibebaskan dari Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.

Namun, pada 25 Februari, Mahkamah Agung melalui Keputusan MA Nomor 70 Tahun 2014 memutuskan untuk membatalkan sebagian Perpres No 31/2007. Keputusan itu disampaikan kepada pemerintah pada 23 April 2014 dan berlaku 22 Juli 2014. Selain berlaku bagi barang impor, aturan itu juga berlaku bagi barang lokal.

Dalam putusan itu dinyatakan, penyerahan barang hasil pertanian yang dihasilkan dari usaha pertanian, perkebunan, dan kehutanan oleh pengusaha kena pajak (PKP) dikenai PPN.

Barang-barang itu meliputi produk perkebunan, yakni kakao, kopi, kelapa sawit, biji mete, lada, biji pala, buah pala, bunga pala, bunga cengkeh, tangkai/daun cengkeh, getah karet, daun teh, daun tembakau, biji tanaman perkebunan, dan sejenisnya.

Komoditas hortikultura, yakni pisang, jeruk (seperti keprok, siam, dan pamelo), mangga, salak, nanas, manggis, durian, dan sejenisnya.

Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan Winarno Tohir menyayangkan pengenaan PPN pada produk pertanian segar. Apalagi untuk ekspor malah dibebaskan. Hal itu akan makin melemahkan daya saing produk pertanian Indonesia dan menggerus nilai tambah.

Tanpa dikenai PPN, produk pertanian segar Indonesia kalah bersaing, apalagi ditambah kewajiban PPN. Karena itu, harus ada solusi yang bisa meringankan beban petani.

Sumber: Ortax

1 komentar:

  1. Look at the way my partner Wesley Virgin's tale starts in this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the military-and soon after leaving-he found hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the government and others used to obtain whatever they want.

    THESE are the same tactics lots of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You've heard that you only use 10% of your brain.

    That's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that thought has even occurred INSIDE OF YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years back, while driving an unlicensed, beat-up bucket of a car without a driver's license and $3 on his debit card.

    "I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

    You've been a part of those those thoughts, ain't it so?

    Your success story is going to start. All you have to do is in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    BalasHapus