Kamis, 14 Juli 2011

ANALISIS BISNIS ANEKA MINUMAN JUS BUAH

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Koperasi dan UKM ini dengan baik dan tepat pada waktunya.

Tugas Koperasi dan UKM ini merupakan analisis bisnis aneka minuman jus buah, dimana kami harus menganalisa rencana membuka usaha ini. Mulai dari tempat yang strategis, Jus yang ditawarkan seperti apa, Konsumen yang kami tuju, Strategi pemasaran kami, Modal dan peralatan yang kami pakai, hingga Perhitungan ekonomi usaha jus buah ini.

Dalam kesempatan ini, tidak lupa kami mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan tugas Koperasi dan UKM ini. Lebih jauh, kami minta maaf apabila ada kesalahan-kesalahan didalamnya serta kami juga mohon masukan, saran atau kritik yang bersifat membangun agar kami dapat membuat yang lebih baik lagi di tugas-tugas mendatang.


Wassalam,
Penyusun





DAFTAR ISI


Kata Pengantar i
Daftar Isi ii

ANALISIS ANEKA MINUMAN JUS BUAH 1
Latar Belakang 1
Produk Yang Ditawarkan 3
Konsumen Yang Dituju 4
Strategi Pemasaran 5
• Produk 5
• Harga 5
• Distribusi 6
• Promosi 6
Modal dan Peralatan 7
Perhitungan Ekonomi 9
Penutup 10






ANALISIS BISNIS ANEKA MINUMAN JUS BUAH

I. Latar Belakang

Pada saat ini, usaha minuman aneka jus buah sudah sangat menarik perhatian seseorang sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. Karena dengan modal yang dapat dibilang minim, seseorang bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Maka dari itu, saya dan teman-teman saya tertarik untuk membuka usaha minuman aneka jus buah ini. Kami juga tertarik karena jus buah ini adalah minuman yang sangat menyehatkan serta mengandung vitamin yang bagus untuk badan manusia karena menggunakan buah yang segar tanpa pewarna dan gula tanpa pemanis buatan. Jus buah inipun bisa dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa sampai lansia.

Untuk memulai usaha ini, hal yang harus kami lakukan adalah mencari tempat yang strategis, nyaman dan bersih. Karena kami dan setiap pengusaha pasti menginginkan keuntungan yang besar, maka kami akan mencari tempat yang ramai atau banyak orang seperti dekat kampus, sekolah, perkantoran, pinggir jalan dan lain-lain. Dalam kesempatan kali ini, kami memilih tempat didekat kampus karena menurut kami kampus tempat yang paling strategis dan menguntungkan untuk kami yang sedang mencari peluang bisnis. Target kami selain mahasiswa dan mahasiswi tentu orang-orang yang ada didalam kampus dan disekitar kampus seperti dosen atau staff pegawai kampus.

Peralatan dan bahan baku usaha jus ini sangat murah dan mudah didapatkan. Alat utama yang digunakan hanya blender, tapi ada beberapa peralatan yang harus ada juga dalam usaha jus ini, seperti etalase untuk tempat buah, meja untuk alas etalase, termos es untuk tempat es, pisau buah untuk memotong, toples untuk tempat gula cair, teko untuk tempat air matang, gelas plastic untuk jus yang sudah jadi, serbet untuk lap bersih, ember untuk air bersih, sedotan, sendok/centong, alat perasan jeruk dan saringan. Sedangkan bahan bakunya sendiri terdiri dari, buah segar, gula cair, susu dan es batu.

Usaha ini memang sangat diminati semua kalangan karena dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Selain keuntungan yang maksimal, alasan ketertarikan seseorang membuka usaha jus ini adalah kemampuan dan kreatifitas seseorang dalam membuat aneka jus segar dan enak sehingga beliau ingin menyalurkan keahliannya di dalam usaha aneka jus ini. Mungkin juga karena keterdesakan ekonomi sehingga memaksa seseorang untuk mencari peluang usaha yang mudah tapi menguntungkan.

Dalam menjalankan usaha ini hampir tidak ada kendala, tapi jika kita membangun usaha pasti ada kendala-kendala yang menghambat usaha kita. Kendala usaha aneka minuman jus buah ini adalah kualitas buah yang cepat menurun dan penurunan penjualan di musim hujan. Kadang-kadang juga harga buah yang berubah sesuai musimnya. Tapi kami akan menghadapi kendala itu dengan baik.

Intinya, kami tertarik membuka usaha aneka minuman jus buah ini karena jus buah merupakan salah satu minuman untuk kesehatan dan telah menjadi life style. Selain bahan bakunya yang murah dan mudah didapatkan, keuntungan bisnisnya sudah ada didepan mata. Selain itu juga, Latar belakang kami mendirikan usaha ANEKA MINUMAN JUS adalah kami ingin agar orang mengubah imagenya terhadap jus kemasan dan jus dapat berfungsi sebagaimana fungsinya tersebut yaitu untuk membantu menyehatkan tubuh. Saat ini kita tidak menyadari bahwa buah juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam tubuh kita , tapi ada juga sebagian orang yang sadar akan peranan penting buah-buahan dalam tubuh kita justru mereka malah lebih memilih jus dalam kemasan yang mereka anggap praktis. Memang mungkin bagi mereka yang sibuk bekerja alasan mereka untuk memilih jus dalam kemasan adalah praktis, tapi rata-rata orang lebih memilih minuman jus dalam kemasan tersebut karena mereka malas untuk membuat jus, repot dan mungkin ada juga alasan-alasan lainnya.

Padahal kita tidak tahu jus dalam kemasan tersebut justru akan memberikan dampak yang negative bagi tubuh kita. Di dalam jus kemasan tersebut pasti mengandung bahan pengawet dan tidak menutup kemungkinan mereka menambahkan pemanis buatan yang lama-kelamaan dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal bagi tubuh kita dan bukan malah memberikan dampak yang positif bagi tubuh kita. Jus kemasan yang kita anggap praktis tersebut malah menimbulkan penyakit bagi tubuh kita.

Oleh karena itulah kami ingin membuka atau mendirikan usaha minuman jus yang sehat, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet dan menggunakan bahan-bahan yang masih segar dan berkualitas. Jadi buah-buah tersebut dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk memberikan nutrisi bagi tubuh dan menyehatkan tubuh kita.

II. Produk yang Ditawarkan

Seperti telah kami uraikan pada latar belakang, kami menawarkan produk minuman berupa jus buah. Jus buah yang kami tawarkan pada umumnya sama seperti jus buah yang lainnya yaitu berasal dari buah-buahan. Tapi kami memiliki keunggulan tersendiri terhadap jus buah yang kami tawarkan. Kenapa kami bilang jus kami memiliki keunggulan? Karena, pada jus buah kami ini kami sangat mengutamakan sekali kepuasan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan juga kami menggunakan buah-buah yang segar, menggunakan gula yang asli dan kami jamin tanpa dicampur dengan pemanis buatan, juga kami menggunakan es batu yang berasal dari air matang. Kami juga sangat memperhatikan kebersihan dalam proses pembuatan jus kami serta rasa dan porsi yang pas dalam menyajikan jus buah yang kami jual.
Kami menyediakan berbagai macam jus buah, diantaranya seperti tomat, jeruk, alpukat, melon, mangga, strawberry, kiwi, bluberry, apel, sirsak, wortel, belimbing, jambu biji dan lainnya. Kami juga melayani pencampuran berbagai buah dalam 1 jus sesuai dengan keinginan konsumen. Biasanya buah yang dicampur atau di mix antara lain seperti : jeruk dengan strawberry, kiwi dengan jeruk, jambu biji dengan jeruk, wortel dengan tomat dan jeruk, jeruk dengan tomat, mangga dengan jeruk,dan bisa dimix sesuai keinginan.

Dalam pembuatan jus, yang diblender murni hanya buah segar dan gula asli serta ditambahkan susu kental agar lebih mempunyai rasa bervariasi dan enak. Sedangkan es batunya kami masukan setelah jus sudah jadi dan siap diberikan kepada konsumen. Disini yang membedakan, kami menggunakan es serut sebagai pendingin jus tersebut.

Kami tidak mencampurkan es pada saat diblender, karena nanti cita rasa atau sari dari buah bisa hilang. Jadi kami memilih yang diblender hanya benar-benar buah dan gula asli serta susu kental.

Jadi, produk yang kami tawarkan adalah jus buah yang anda suka, karena jus buah kami bisa dipesan dan di mix sesuai keinginan konsumen.

III. Konsumen yang Dituju

Dalam pembukaan usaha minuman jus kami, kami ingin semua lapisan masyarakat dapat tercakup terutama masyarakat kalangan bawah. Tempat usaha jus ini berada di area UNIVERSITAS PAMULANG yang didukung juga dengan tempat yang strategis yaitu berada dipinggir jalan dan dekat juga dengan sekolah SMA, jadi semua orang dapat mudah menemukan tempatnya.

Kami tidak menetapkan harga yang tinggi untuk segelas jus karena konsumen yang kami tuju adalah seluruh lapisan masyarakat baik kalangan bawah atau atas, baik muda ataupun tua. Jadi, apakah dia seorang pelajar, mahasiswa, dosen, pegawai sekolah, pegawai UNIVERSITAS dan tidak menutup kemungkinan masyarakat sekitar atau orang-orang yang lewat mereka tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk segelas minuman sehat yang menyegarkan.

IV. Strategi Pemasaran

4.1 PRODUK
Pengemasan produk kami buat tidak biasa atau berbeda dari jus-jus yang biasa di jual di tempat lain. Kami menggunakan susu, kami juga menyediakan susu dalam dua (2) rasa yaitu coklat dan vanilla. Anda dapat memilih susu menurut selera anda. Kami juga menggunakan es batu yang diserut sebagai pendingin dari jus buah ini serta memberikan rasa dan porsi yang pas agar konsumen puas dan menikmatinya.

Kami hanya menggunakan gelas plastic untuk menyajikan jus tersebut agar praktis apabila anda ingin membawanya pulang, bepergian atau minum ditempat yang telah kami sediakan.

4.2 HARGA
Karena kami ingin semua kalangan bisa tercakup, maka kami menetapkan standar harga umum yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat baik seorang pelajar, mahasiswa, dosen, guru, pegawai sekolah, pegawai UNIVERSITAS dan tidak menutup kemungkinan orang-orang yang lewat. Harga yang kami tetapkan berdasarkan perhitungan ekonomi adalah Rp. 5.000,- berlaku untuk semua jus baik yang di mix ataupun tidak.
Dengan harga tersebut anda sudah bisa mendapatkan jus dengan buah yang segar dan menyehatkan juga dengan tambahan susu sesuai dengan keinginan anda.

4.3 DISTRIBUSI
Dalam hal pendistribusian, kami membuka dan melayani langsung. Kami membuka usaha kami di area UNIVERSITAS PAMULANG, jadi kami melayani pembeliaan dengan cara datang langsung dan pesan antar (delivery order). Pelayanan pesan antar akan dilaksanakan apabila konsumen memesan minimal 3 jus. Pelayanan pesan antar (delivery order) mencakup wilayah pamulang 1 dan apabila pemesanan diluar wilayah pamulang 1 akan dikenakan ongkos kirim sesuai dengan jarak tempat yang dituju. Dispensasi untuk konsumen yang memesan dalam area kampus dan dosen atau pegawai kampus, kami akan tetap mengantarkan walaupun yang di pesan hanya satu atau dua jus buah.

Sebagai contoh kecil, misalnya seorang dosen yang memesan jus buah kami tapi minta diantarkan ke ruangannya yang berada didalam gedung kampus, maka kami akan mengantarkan pesanan dosen tersebut atau staff pegawai kampus yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan dan memesan jus buah kami dan minta diantarkan juga.

4.4 PROMOSI
Promosi yang kami lakukan adalah dengan membuat brosur dan juga memberikan diskon 20% pada 2 bulan pertama pada saat pembukaan usaha jus kami. Dalam brosur tersebut kami juga akan mencantumkan nomor ponsel kami yang bisa dihubungi agar konsumen yang jauh tempatnya dari kami bisa memesan dengan menghubungi kami. Seiring dengan berjalannya waktu dan tanpa kita sadari promosi juga dapat dilakukan secara tidak langsung dari satu orang ke orang lain apabila kita memberikan kepuasan terhadap produk yang kita jual. Mereka akan merasa senang menggunakan produk yang kita jual karena mereka merasa puas akan produk tersebut. Oleh karena itu kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan jangan sampai kita mengecewakan pelanggan yaitu dengan cara tetap menjaga kualitas produk yang kita jual, karena tanpa kita sadari mereka merupakan salah satu alat promosi yang cukup berpengaruh terhadap kemajuan usaha kita.

V. Modal dan Peralatan

Modal yang kita keluarkan memang agak sedikit besar apabila baru membuka usaha jus ini, tapi dengan berjalannya waktu dan berkembangnya usaha kita, maka modal yang kita keluarkan akan kembali dengan sendirinya. Karena apabila kita baru buka usaha maka banyak sekali peralatan dan bahan baku yang harus dibeli untuk menunjang usaha itu sendiri dan merupakan pokok berjalannya usaha. Dalam kesempatan kali ini, modal yang kita keluarkan kurang lebih Rp. 1.000.000,-.

Peralatan yang digunakan untuk membuka usaha ini tidak begitu banyak dan mudah didapatkan. Peralatan pokok yang kami butuhkan adalah etalase dan meja atau stan untuk tempat menjalankan operasi berjualan. Lalu alat untuk menghancurkan dan menghaluskan buah menjadi jus yaitu blender atau juicer tapi disini kami menggunakan blender. Kemudian kami harus menyediakan tempat-tempat untuk menaruh bahan-bahan dalam pembuatan jus seperti termos es, toples gula, teko air matang, gelas lastik untuk jus yang sudah jadi. Dan peralatan lain yang harus ada juga seperti pisau, sedotan, lap bersih atau serbet, ember, sendok dan centong, alat perasan jeruk, alat serut es serta saringan untuk buah-buah yang berbiji. Tidak lupa kami menyediakan kantong plastic untuk mengantarkan jus pesanan atau konsumen yang ingin meminumnya di rumah. Karena kami juga menyediakan tempat untuk konsumen bisa menikmati jus buah kami langsung di tempat kami, maka kami juga harus menyediakan meja dan kursi agar konsumen bisa sambil duduk dan ngobrol menikmati jus buah yang kami jual.

Peralatan yang dibutuhkan :
• Etalase dan Meja
• Meja dan Kursi
• Blender
• Termos Es
• Alat Serut Es
• Pisau
• Toples Gula
• Teko Air Matang
• Lap Bersih atau Serbet
• Ember
• Sendok/Centong
• Alat Perasan Jeruk
• Saringan
• Gelas Plastik
• Sedotan
• Kantong Plastik

Jumlah uang yang dikeluarkan dalam membeli peralatan ini bisa mencapai kurang lebih Rp. 500.000,- tergantung dimana kita membeli dan kualitas barang yang kita beli. Tapi setelah kami mencari info ternyata benar rata-rata semua harga peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha jus ini adalah sekitar harga itu.

Selain peralatan, pasti ada bahan baku untuk pembuatan jus yang pastinya buah-buahan yang beraneka macam dan segar. Lalu campuran dalam jus buah tersebut adalah gula cair dan susu kental yang akan menambah cita rasa jus buah kami serta setelah jusnya jadi dan siap di hidangkan kami menambahkan es batu yang sudah kami hancurkan dan menjadi seperti es serut.

VI. Perhitungan Ekonomi

Daftar Belanja :
1. Buah-buahan :
• Mangga Rp. 6.000
• Jeruk Rp. 12.000
• Jambu Biji Rp. 7.000
• Melon Rp. 12.000
• Alpukat Rp. 7.000
• Belimbing Rp. 10.000
• Tomat Rp. 12.000
• Wortel Rp. 7.000
• Sirsak Rp. 7.000
• Strawberry Rp. 12.000
• Blueberry Rp. 30.000
• Kiwi Rp. 35.000
2. Gula Rp. 24.000
3. Susu Kental Rp. 15.000
4. Transportasi Rp. 10.000
5. Gelas Plastik Rp. 15.000
6. Sedotan Rp. 8.000
7. Kantong Plastik Rp. 6.000

Jumlah Biaya Tidak Tetap Rp. 235.000








Biaya Tetap :
1. Gaji Pegawai Per Hari 2 orang @40.000 Rp. 80.000
2. Sewa Tempat Per Bulan 300.000 Rp. 15.000
3. Perawatan Alat Rp. 50.000
4. Listrik dan Air Per bulan 200.000 Rp. 10.000
5. Bahan Bakar Rp. 13.000

Total Biaya Tetap Rp. 168.000

Dari modal tidak tetap didapat 70 gelas jus.
Jadi modal kotor = 235.000 : 70 = 3.357
Harga Jual = 5.000
Maka untuk mendapat keuntungan kita harus menjual sebanyak :
235.000 + 168.000 : 5.000 = 80,6 atau 81 gelas jus.
Jadi kita harus menjual minimal 81 gelas jus untuk mendapatkan keuntungan perhari.

VII. Penutup

Demikian analisis yang bisa kami buat dalam hal usaha aneka minuman jus buah. Dapat kami simpulkan bahwa usaha aneka minuman jus buah ini dapat menggunakan modal yang tidak begitu besar, tapi kita bisa mendapatkan keuntungan yang begitu besar. Tapi dalam menjalankan suatu usaha tidak begitu mudah bagi para pemula atau orang yang tidak berpengalaman dan tidak memiliki kemampuan atau keahlian di bidangnya. Sama halnya dalam usaha ini, banyak sekali hal yang harus kita pelajari untuk membuka usaha ini seperti tempat yang strategis, rasa dan porsi yang pas untuk para konsumen, hal yang berbeda agar konsumen mempunyai alasan untuk kembali membeli jus buah kita. Sehingga usaha kita dapat berjalan dan berkembang dengan lancar dan pesat.

Semua hal yang kami tulis disini merupakan analisis serta observasi kami ke tempat-tempat yang memang harus kami cari tahu seperti tukang buah, toko peralatan serta harga jus yang sedang beredar di pasaran. Dari kegiatan itulah kami mengetahui info-info yang berhubungan dengan usaha aneka jus ini.

Kunci sukses untuk setiap usaha adalah sapalah pelanggan dengan begitu akrab, berikanlah pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, sediakan menu jus yang beraneka ragam, bahan baku buah-buahan berkualitas dan gunakan gula asli, serta jangan lupa ucapkan terima kasih saat pelanggan pulang.

Untuk teman'' yang ingin versi word nya silahkan klik disini ya.....

3 komentar:

  1. makasi bro buat contoh proposaalnya... lumayan bisa ngebantu nih broo haha... makasi makasi makasi

    BalasHapus
  2. makasih ya.. semoga ilmunya bermanfaat bagi kami ... dan bagi yang lainnya dan semoga anda diberikan pahala serta keluasan ilmu yg bermanfaat amiin...

    BalasHapus
  3. 235 + 168 : 5000
    Kobisa 80,6 ? Yaapa si bingungšŸ˜­

    BalasHapus